Cerita Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy (2020)

Haii sahabat pendaki .. kali ini saya mau review track jalur pendakian gunung ciremai 

Kebeneran banget sya wktu mendaki di era new normal gaes,jdi peraturan ada yg baru dari mendaki ke gunung ciremai ini , peratiran barunya salah satunya yaitu wajib mencantumkan surat rapid test di kolom pendaftaran online .. online ? Iya online skrg pendaftaran gunung ciremai itu online gaes, karena di era new normal ini mereka membatasi jumlah pendaki sebanyak 50% dari biasanya .. 

Nah untuk surat rapid test ad kecualinya gaes,klo ktp yg berasal dari cirebon,kuningan,dan majalengka itu cukup periksa kesehatan aja di basecamp tapii kalo ktp di luar dari daerah tersebut wajib membawa dan mencantumkan surat rapid test di saat pendaftaran online ..

Oke btw soal persyaratan pendaftaran udah saya jelaskan,sekarang saya mau menceritakan track pendakian dan estimasi waktu yg kita jalani saat itu 

Kita termasuk pendaki yg santay dan ngga terburu" karena saya sadar saya lemah klo soal mendaki tpi kekeuh pengen banget naek gunung hehe 

Oke kita ber5 berangkat dr bandung jam 1 malam dan sampai di desa argamukti itu jam 5 subuh ( bawa mbilnya santay banget dan banyak mampir ke warung kopinya hehe ) dan sampailah kita di rumah warga,ini recomended banget yaa untuk rumah singgahnya kalo kalian mau bisa hubungi kang ade ( 081380850665 ) baik bangey orgnya . Nah sampe banget dirumah beliau hujan gaes hujannya kecil tapi borongan hehehe jadi kita memutuskan untuk tunggu sampai reda hujannya 

Jam 8.00 redalah hujan dan akhirnya kita memutuskan untuk star ke basecamp dari runah singgah 

Naah ini yg menarik,untuk kalian yg pergi ke ciremai menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil mending kalian titip mobil kalian di rumah singgah,bayarmya seikhlasnya kok. Nah terus dr rmh singgah kalian di tawarkan untuk naik mobil bak dengan biaya 25rb/org 

Terus saya pas kita otw bner aja track dari rumah singgah menuju ke basecamp itu ngga ada ampu gaes,nanjaaakk terus dan jalannya cukup 1 mobil.. terus sebelah kanan jurang langsung ! Kebayang klo kita abwa mobil pribadi,udah syg mobilnya,klo kita ga tau medan samlekum,ditambah lagi kalo ada mobil yg mau turun hayoohh mw lewat mana kita .. kalo kita naik mobil dari rumah singgah itu sebelum kita menuju ke basecamp si supir itu calling"an dlu sama yg ada dibasecamp jangan ada mobil yg turun jadi kita dikasih jalan sampe ke basecamp gitu . Tapi kalo pake motor masih bisa gaes,nyempil" . Tapi ngga ada salahnya lah ya kita memajukan perekonomian desa sekitar dengan menggunakan transportasi dr mereka ya kaann .. kan kita juga tamu 

Naah untuk biaya pendaftaran sendiri di gunung ciremai ini waktu awal saya daftar online itu untuk simaksi saya kena tarif 5000/org nah pas saya sampai ke BC sya di suruh melunasi simaksi sisanya 45rb gaes jadi kalo di totalin untuk simaksi ke gunung ciremai itu 50rb . Pasti ada yg bilang , mahal amat ?? Menurut saya sih standar aja kok .. karena 50rb itu kita dapet makan gaes,sama sertifikat pendakian 

Jadi untuk makannya bisa di ambil saat mau mendaki atau sesudah mendaki,untuk sertifikatnya dikasih pas kita beres mendaki 

Nah setelah menyelesaikan pendaftaran saya di suruh untuk test kesehatan . Yups test kesehatan di ciremai ini langsing gaes ada dokternya pula . Kita cuma bayar 25rb untuk periksa kesehatan dan mendapatkan surat sehat untuk persyaratan mendaki 

Setelah selesai tes kesehatan kita makan dulu hege mumpung dapet makan. Setelah selesai makan kita di surih ke area aula untuk di brief ulang,org bc ramah" banget gaes termasuk si bapak yg ngebrief kita 

ini dia si bapaknya yg ngebrief kita,beliau kasih tau track" yg boleh dan tidak boleh dilalui dan mengingatkan kita untuk selalu hati". Mksh ya pak .. saya lupa bapak namanya siapa hehe .. 

Oke setelah di brief mulailah kita mendaki di jam 10.00

Untuk jalur dari pintu selamat datang menuju ke pos 1 itu tracknya kaya aspal gt gaes dan batu" halus gitu jadi bukan tanah 

Kurang lebihnya seperti ini gaes ..

Sekitaran 50 menit - 1 jam kita sampai di pos1 gaes karena kita jalan santay banget 

nah ini penampakan pos1 nya gaes ada aula gitu buat pendaki istrht sama ada gerbang yg menandakan pos1 

Kita ngga sempet istrht di pos 1 karena emang blm cape juga jadi lanjut aja menuju pos 2 . 

Nah track menuju pos 2 ini udah tanah padet gaes jalurnya udh enak sih klo kata aku hehe karena aku lebih suka jalur tanah ngga nyakitin kaya si dia .. iya dia huhu 

Nah ini dia penampakan jalur menuju pos 2 gaes,jalurnya masih lebar 

Nah untuk menuju ke pos 2 dari pos 1 itu memakan waktu yg lumayan panjang sekita 1 jam 45 menit karena emng tracknya udh mulai nanjak gaes 

dan ini penampakan pos 2 yaitu TEGAL PASANG 

Nah kita sempet istrht dlu nih gaes d pos 2 karena emng udah cukup lelah juga. Setelah istrht sekita 15 menit akhirnya kita memutuskan untuk jalan lagi menuju pos 3 yg katanya tracknya udh mulai sadis gaes hehe tapi masih tanah jalurnya jadi masih aman lah buat saya hehe 

Nih dia track yg sadis itu wkwk

ngga keliatan nanjak ya klo di foto tapi pada realitanya ini nanjak banget gaes hehe. Dan track yg udah mulai sempit, kalo udh mulai sempit tandanya semakin dingin gaes jadi semakin kita banyak istrht semakin dingin badan kita,mangkanya saya coba ngga manja disini dengan tetap meneruskan perjalanan tapi ttep ga maksain,jalannya pelan" ajja 10langkah maju 1menit ngatur nafas 

Dengan jalur yg semakin menanjak dan semakin sempit bikin kita jadi rebutan oksigen sama pohon gaes jdi kita harus bisa atur" nafas 

 

Untuk carrier yg saya gunakan pun lumayan besar gaes ,saya pakai eiger equator track yg 65 liter bisa memuat banyak barang namun masih tetap nyaman di gunakan karena bagian backsystem yg udh nyaman dikelasnya eiger sendiri gaes . Oh iya ak punya nih review untuk tas eiger equator track 65 liter hehehe,klik link ini yaa gaes

EIGER EQUATOR TRACK 65L vs OSPREY AURA AG 50L | Recomendasi cerrier terbaik 2020

Lanjut ke pendakian hehe, setelah perjalanan yg ngga sampe" ke pos 3 ini akhirnya kita memutuskan untuk istrht lagi di pertengahan jalan menuju pos 3 


Kalo aku bilang sih disini bisa mendirikan tenda darurat karena lahannya yg landai dan bisa didirikan 1 tenda untuk yg darurat aja ya gaes 

Untuk track ciremai sendiri sih udh rapih menurut saya gaes,tertata rapih di track dan tanjakannya 


Nah setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit kita akhirnya sampai di pos 3 gaes 

Nah di pos 3 ini bisa di jadiin tempat kita camp gaes,cuma resikonya untuk summit itu jauh banget . Karena di pos 3 ini tempatnya lumayan luas gaes 

pos 3 ini namanya tegal masawa gaes dan ini lah penampakannya .. 

Karena kita kelamaan istrht di pos 3 dengan baju kita yg basah akan keringat akhirnya terjadilah musibah disini gaes , tepatnya aku hampir aja aku terkena hypotermia 

Aku jelasin dulu ya apa itu hipotermia, hipotermia itu adalah penurunan suhu tubuh secara drastis yg membahayakan gaes karena bisa mengakibatkan kematian kalo ngga ditanganin demgan tepat . Dan yg saya rasakan saat itu adalah berawal dari telapak kaki mulai berasa dingin dan bulu kuduk merinding ( kaya org nahan pup hehe ) itu dingin menjalar dari telapak kaki ke kaki,betis,paha,sampe ke tangan dan badan gaes. Temen" aku langsung sigap semua,zena ngebalurin kayuputih bagian tangan saya,chevi ngebalurin kayuputih dikaki saya dan reno sama ocoy memeluk saya di bagian depan dan belakang untuk menghangatkan badan,tapi alhamdulillah saya dalam keadaan sadar dan tidak berhalusinasi masih bisa melawan jadi cuma hitungan beberapa menit badan saya berasa hangat lagi . Beruntung banget mendaki dengan teman" yg sigap dan tau bagaimana cara menangani org yg hampir kena hipo . Karena tidak mau berlarut" akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan karena semakin diam semakin saya merasakan dingin 

Perjalanan menuju pos 4 dari pos 3 ini memakan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit gaes 

pos 4 itu dinamakan tegal jamuju nah di pos 4 ini kita bisa mendirikan tenda juga gaes , ada beberapa lahan untuk mendirikan tenda 

tapi tujuan saya adalah ke pos 5 karena dekat nantinya ke puncal saat summit 

Nah dari pos 4 menuju ke pos 5 ini udh g ada ampun deh gaes tracknya nanjak terus tanpa bonus dan tracknya juga semakin sempit gaes. Pokonya udah dengkul ketemu dagu deh plus jalur akar gitu jadi harus hati" keserimpet 


Tapi di pertengahan jalan kita bisa ngintip dari balik pohon yg terbuka sedikit gaes dan pemandangannya adalah 

AWAN PINTON hehehe saya sebut awan pinton kalo liat awan ngegumpel begini hehe berasa ada di film dragon ball wkwkwk. Kita semua terpana akhirnya melihat ciptaan Allah yg sempurna ini , maha karya Allah yg tidak ada duanya. Dan setelah kita tertegun akan ciptaan Nya kita juga tertegun akan track selanjutnya yaitu 

 tanjakam pake webbing gaes uwoow banget rasanya , yg saya bayangin bukan gimana cara naiknya tapi gimana caranya kita turun nanti hehehe pdhl blm smpe puncak udh mikir jauh banget 

Naahh sekitar 30-35 menit dari tanjakan ini kita sampai pada pos 5 tapi bayangan ya gaes bukan pos 5 yg sesungguhnya .. jadi pos 5 yg sesungguhnya kita harus jalan lagi sekitar 10-15 menit gaes 

 ini pos 5 bayangannya tapi cukup luas juga sih untuk area campnya jadi kalo di pos 5 penih bisa camp disini 



Nah ini pos 5 penampakannya gaes jadi dia udh di patok" gitu area campnya udh ad no nya kita camp dibelah mana. Nah mangkanya wajib daftar online itu biar kita dapet patokan untuk tempat camp gt gaes kalo di ciremai jadi kita bisa terpantau juga sama pihak basecamp . 

Oke setelah lelah seharian berjalan kita mendirikan tenda di temani senja yg di tutupi oleh pohon kala itu hehe yg saya lakukan pertama kali setelah tenda selesai adalah ganti baju,celana dan bebersih dlu yg pasti,karena badan kita dan baju kita udh pasti basah dan kotor. Setelah beres ganti baju dan bebersih akhirnya kita membuat air panas dulu untuk menghangatkan badan dan lanjut masak nasi dan lauk pauknya 

Ingat ya gaes yg bener itu adalah makan nasi yg mengandung karbohidrat,lauk yg mengandung protein dan bisa juga buah"an yg mengandung vit c. Jangan makan mie yaa karena mie bisa mengakibatkan dehidrasi gaes pada tulang dan badan kita karena kan perjalanan kita msh jauh belum menuju puncak dan turun juga hrs menggunakan energi yg lebih banyak dari naik karena menahan beban tubuh kita gaes,mangkanya naik gunung itu bukan sekedar naik ajja melainkan kita harus bisa mengatue makan kita 

Setelah makan kita bergegas untik tidur karena besok kita harus bangun lebih awal dari biasanya . Untuk rencana sendiri summit kita mulai pukul 4 biar bisa jalan santay, tapi pada nyatanya kalo digunung itu bangung tepat waktu dari perkiraan itu fana adanya wkwk. Dan akhirnya kita mulai di pukul 5 subuh 

Di pertengahan jalan aja kita udh disuguhin keindahan yg cantik banget gaes


cantik banget kan,beruntung banget kita di kasih cuaca yg bagus pagi ini,padahal sebelumnya semalam kemarin itu kata pendaki" yg turun mereka kena baday dan dilarang menuju ouncak oleh ranger yg bertugas di pos 5 

Mangkanya kita bersyukur banget dapet view seperti ini,dan untuk track puncak ciremai sendiri awalnya masih tanah gaes tapi lama" jadi batu ! Hal yg aku ga suka tapi mau giamana lagi,suruh siapa juga mendaki ya ngga . Nih aku kasih liat tracknya gaes 

     track menuju puncak ciremai

Naiknyaudh bukan pake kaki aja tapi pake bantuan tangan juga gaes jadi setengah merangkak gt gaes 

Nah dari sini itu sekitar 30-45  menitan sampe ke pos 6 gaes,jadi sebelum sampai di pos 6 kita ketemu dulu sama simpang apuy 

Nah inget dr kata" si bapak yg di BC kita harus hati" pas turun gaes di simpang apuy ini . Karena dia bemtuknya persimpangan gitu yg hanya dibatasi oleh tali aja .. jadi dia perbatasan antara jalur palutungan dan jalur apuy gaes,nah disinilah banyak org yg kesasar karena persimpangan ini, yg paling banyak itu posisinya kabut turun dan kita ga bisa liat demgan jelas track didepan kita yg pada akhirmya banyak org yg nyasar ke jalur palutungan,jadi kalian harus bener" hati" ya 

Nah setelah memakan waktu hampir 45menit kita sampai di pos .6 yaitu goa walet gaes 

Oya pd jaman dulu itu goa walet itu bisa buat di jadikan tempat camp,cuma karena katanya skrg itu berbahaya jadi sekaramg dilarang untuk camp di area goa walet jadi perbatasan camp area itu cuma sampai pos 5 aja gaes .

Nah di goa walet ini katanya ada mata air tersembunyi,jadi para pendaki bisa ambil air untuk bekal turun nanti disini 

Dan dr area pos.6 sampai ke puncak ini kita disuguhi dengan pemandangan pohon edelwies gaes,dan kebeneran pas saya mendaki edelwiesnya lagi mekar tapi inget kita cuma bisa foto,dan melihat aja edelwiesnya yaa bukan untuk dipetik karena ada undang"nya lho

Nah ini penampakan goa walet ( Pos 6 )

     goa walet (pos6) 

     bunga edelwies gunung ciremai 

Nah dari goa walet ini kita membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit gaes tapi jalurnya udh merangkak aja deh si dengkul ketemu dagu pokonya,tapi semua kebayar gaes karena indahnya puncak ciremai 

     puncak ciremai 

Jadi estimasi pendakian gunung ciremai adalah 

BC ke pos 1 = 50 menit 

Pos 1 - Pos 2 = 1 jam 45 menit 

Pos 2 - Pos 3 = 1 jam 30 menit 

Pos 3 - Pos 4 = 1 jam 15 menit 

Pos 4 - Pos 5 = 40 menit 

Pos 5 - Pos 6 = 2 jam 

Pos 6 kepuncak = 45menit 

Jadi total mendaki dari BC ke area camp yaitu sekitar 6 jam ( jalan santay )

Dan menuju puncak dari area camp yaitu sekitar 2 jam 45menit 

Oke gaes segitu aja cerita pendakian gunung ciremai via apuy aku gaes .. kalo kalian pengen liat track pendakiannya lebih jelas aku ada vlognya .. klik link dibawah ini ya gaes 

Ini part.1

PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI VIA APUY | REVIEW JALUR CIREMAI VIA APUY | VLOG PENDAKIAN #6 | part.1

Dan ini Part. 2

 PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI VIA APUY |REVIEW TRACK CIREMAI | VLOG PENDAKIAN #6 | Part.2 |Shinta Puspita

Terimakasih,sampai ketemu lagi di blog aku nanti ya assalamualaikum 🙏🥰

























Komentar